Domino Gaple

Permainan kartu domino gaple tentunya familiar di telinga orang Indonesia, bukan? Apalagi kalau yang mengemari permainan kartu, tentu tahu permainan kartu domino gaple. Tidak seperti poker yang dimainkan dengan kartu remi, permainan kartu domino dimainkan dengan kartu domino. Bedanya kartu domino dan kartu remi adalah kartu domino terbagi dua, sehingga memiliki bagian atas dan bawah. Angka dari kedua bagian bisa saja berbeda, contohnya 5-3. Angka kartu domino disimbolkan dengan titik, sama seperti di dadu.

Cara Bermain Domino Gaple

Permainan domino gaple bisa dimainkan oleh 4-5 orang, dan sesuai dengan namanya permainan domino gaple dimainkan dengan kartu domino. Tujuan para pemain dalam domino gaple adalah menghabiskan kartu di tangan pemain sebelum pemain lain. Tergantung dari jumlah pemain maka jumlah kartu yang di tangan akan berbeda juga. Jika ada 4 pemain, maka setiap pemain diberikan 7 kartu masing-masing dan jika ada 5 pemain, maka setiap pemain diberikan 5 kartu masing-masing dan 3 kartu sisanya disisihkan tanpa dilihat pemain.

Memulai permainan pun berbeda tergantung dari jumlah pemain, jika ada 4 pemain maka pemain yang memegang kartu 0-0 akan bermain terlebih dahulu. Namun, jioka ada 5 pemain maka salah satu kartu yang disisihkan digunakan sebagai kartu pembuka. Pemain bergantian dalam rotasi untuk mengeluarkan kartu, dan kartu yang mereka keluarkan harus cocok dengan yang sudah ada di meja. Selain itu, pemain hanya bisa mengeluarkan kartu dengan menempelkan di ujung rentetan kartu. Contohnya, jika kartu yang di atas meja adalah 3-0-0-5, maka pemain boleh memilih untuk mengeluarkan kartu dengan angka 3 atau angka 5. Jika pemain tidak bisa memainkan kartu karena tidak ada angka yang cocok, pemain harus membuang satu kartu ke kartu buangan milik pemain atau pass, tergantung dari peraturan yang dimainkan. Jika ada pemain yang menghabiskan maka permainan dihentikan dan poin dihitung.

Setiap kartu yang di tangan pemain akan ditotalkan dan ditambahkan sebagai poin pemain, selain itu, pemain juga harus menambahkan poin dari kartu yang dibuang. Biasnaya nilai kartu 0-0 adalah 25 poin kecuali ada kartu lain di tangan pemain yang memiliki angka 0 juga. Pemain akan terus menghitung poinnya dalam beberapa ronde, biasanya ada batas sampai poin berhenti, dan pemain dengan poin terendah menang.

Baca Juga: Omaha Hold’Em